ASPPUK | About

Tentang

Image

Risalah

Perempuan memegang peranan penting dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu peran perempuan yang sering terabaikan adalah di bidang pengembangan ekonomi. Padahal, saat ini menurut Kementrian KUKM jumlah pelaku usaha mikro kecil mencapai 50,7 juta unit, secara menyeluruh perempuannya sekitar 60%nya. Sebagai akibatnya, hak-hak ekonomi perempuan masih kurang terfasilitasi.

Berdasarkan pemahaman di atas, pada Desember 1994 sejumlah Ornop (organiasi non pemerintah) yang concern terhadap pemberdayaan perempuan usaha kecil-mikro (PUK-mikro), menyelenggarakan lokakarya jaringan ornop sebagai upaya pengembangan PUK-mikro. Lokakarya tersebut menjadi titik awal terbentuknya jaringan ornop pengembang PUK-mikro. Kemudian, jaringan ini mengadakan Forum Nasional yang pertama tanggal 11-12-1997, dan menamakan jaringannya dengan “Yayasan Pendamping Perempuan Usaha Kecil” (YASPPUK).

Dalam perjalanan waktu, di Forum Nasional kedua, 24-27 Februari 2001, semua Ornop anggota bersepakat untuk mengganti bentuk kelembagaan YASPPUK menjadi Asosiasi, yang benama “Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil” disingkat ASPPUK.

Image

Visi

"Terwujudnya Perempuan Usaha Kecil-mikro (PUK-Mikro) yang kuat dan mandiri dalam masyarakat sipil yang demokratis, sejahtera, egaliter, setara dan berkeadilan gender"

Misi

  • Memfasilitasi terbangunnya gerakan PUK-Mikro yang berkesetaraan dan berkeadilan gender untuk mewujudkan sistem yang kondusif bagi proses demokratisasi.
  • Memfasilitasi terbangunnya akses dan kontrol PUK-mikro terhadap sumberdaya ekonomi.

Image

Program

  • Menfasilitasi dan menguatkan Ornop anggota asosiasi dalam advokasi, networking dan fund raising. Asosiasi memfasilitasi pelatihan berperspektif kesetaraan dan keadilan gender dan kesadaran kritis perempuan, studi banding, studi pasar, pengorganisasian masyarakat, sebagai masukan praktis untuk meningkatkan kesadaran kritis dan keterampilan Ornop anggota dalam mendampingi PUK-mikro
  • Penguatan Perempuan Usaha Kecil-Mikro. ASPPUK memperkuat PUK-mikro melalui ornop anggota. Dalam hal ini, ornop anggota ASPPUK mendampingi dan memfasilitasi PUK-Mikro melalui latihan, studi banding, workshop dan sebagainya, dalam rangka meningkatkan kesadaran kritis. Selain itu, asosiasi juga memfasilitasi PUK-mikro untuk membangun jaringan diantara mereka sendiri seperti “Jaringan Perempuan Usaha Kecil Mikro (JARPUK), dan pengembangan lembaga permodalan bagi PUK-mikro melalui “LKP” (lembaga keuangan perempuan) di tingkat kabupaten/kota
  • Networking. ASPPUK menjalin kerjasama dengan lembaga diluar anggota, baik didalam maupun diluar negeri, yang mempunyai kepedulian pada PUK-Mikro
  • Advokasi Kebijakan untuk Memperjuangkan hak dan kepentingan PUK-mikro. Advokasi dilakukan ASPPUK, sebagai upaya pembelaan terhadap PUK-mikro melalui penggalangan solidaritas, seminar, lokakarya, kajian kebijakan, hearing, lobi dan membangun.
  • Publikasi. Sebagai media komunikasi dan informasi antar anggota asosiasi dan pihak-pihak luar, ASPPUK mempublikasikan hasil-hasil studi, pengalaman pendampingan PUK-mikro, alat alat pembelajaran secara cetak dan elektronik serta pengembangan website (www.asppuk.or.id)