Buton Promosikan Tenun Lokal di Pesona Halo Sultra

Buton Promosikan Tenun Lokal di Pesona Halo Sultra

Blog Single

KELOMPOK TENUN : Perempuan penenun di Ogan Ilir, Sumatera Selatan tengah mengerjakan karya tenun mereka secara bersama. Foto : Feddri Bonco

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), memanfaatkan pameran "Pesona Halo Sultra" 2017 yang dipusatkan di Kota Kendari 23-29 April untuk mempromosikan tenun lokal daerah itu.

Penjaga stand Buton, Achi, mengaku pihaknya tidak hanya sekedar memperkenalkan dan memamerkan hasil kerajinan tenun Buton dalam stand tersebut.

"Tetapi kami juga menghadirkan langsung perajin tenun dalam melakukan penenunan di stand pameran kami," kata Achi, di Kendari, Kamis malam.

Tujuan menghadirkan penenun tersebut katanya, untuk menunjukkan kepada publik bahwa kain tenun tersebut dikerjakan langsung oleh penenun lokal Buton.

"Biar para pengunjung bisa melihat langsung cara menenun, betapa rumit dan bersabarnya seorang penenun untuk menghasilkan sehelai kain," katanya.

Ia mengaku, banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan langsung cara menenun kain termasuk menanyakan cara pewarnaan alam.

"Selain kerajinan tenun, kami juga promosikan bentuk kerajinan lainnya di stand Buton seperti kerajinan anyaman tikar, dan anyaman rotan," katanya.

Dijelaskan, pameran Halo Sultra yang merupakan rangkaian peringatan HUT Sultra ke-53 itu merupakan ajang bertemunya masyarakat se-Sultra sehingga dimanfaatkan untuk perkenalkan tenun lokal kepada 16 kabupaten lainnya di Sultra.